Hamil anak kembar tak jarang menjadi dambaan banyak pasangan. Mempunyai anak kembar memang kesempatan luar biasa yang tidak diberikan kepada semua wanita. Rasanya wanita yang bisa mengandung kembar adalah wanita yang paling sempurna dan paling berbangga di dunia ini.

Apapun jenis kelaminnya kalau kehamilan kembar memang akan ada antusiasme yang luar biasa nantinya. Apakah Anda juga saat ini sedang ingin memiliki anak kembar atau bahkan diantara Anda ada yang sedang mengandung kembar?

Bagi Anda yang saat ini sedang ingin hamil atau sedang berada pada masa persiapan kehamilan, sebenarnya ada beberapa faktor yang akan sangat penting dan sangat berpengaruh dalam rangka persiapan kehamilan.

Utamanya Anda yang ingin bisa hamil anak kembar juga penting memperhatikan faktor ini. Karena sebenarnya kehamilan kembar juga masih dapat diusahakan bagi Anda yang memang sangat mengharapkannya.

Hamil memang suatu proses luar biasa yang ditiupkan Tuhan kepada seorang wanita. Kehamilan memang suatu anugerah yang luar biasa yang dititipkan oleh Tuhan kepada seorang wanita. Tentu saja kesempatan ini tidak boleh disia-siakan dan ini adalah ajang pembuktian bahwa Anda adalah seorang wanita yang pantas mendapatkan titipan anak dari sang maha pencipta.

Faktor Pengaruh Hamil Anak Kembar

Lantas apa saja faktor yang akan sangat berpengaruh dalam rangka mempersiapkan hamil anak kembar?

Faktor Genetik

Sebelum Anda benar-benar mempersiapkan kehamilan anak kembar, ada baiknya Anda tanyakan dulu kepada orang tua apakah punya genetik kembar. Karena jika Anda punya riwayat keluarga yang pernah melahirkan kembar kemungkinan besar juga Anda bisa melahirkan anak kembar.

Faktor Usia Ibu

Ada penelitian yang mengatakan bahwa semakin besar usia kehamilan maka kesempatan untuk mendapatkan bayi kembar juga akan semakin besar. Didalam penelitian juga disebutkan bahwa wanita yang berhasil hamil anak kembar rata-rata wanita yang sudah hamil di usia matang sekitar usia 25 tahun sampai dengan 30 tahun.

Intensitas Jumlah Kehamilan

Ternyata jumlah kehamilan juga merupakan salah satu faktor yang akan sangat menentukan kehamilan kembar. Jika Anda memang punya banyak anak yang artinya Anda sering mengandung dan juga sering melahirkan, maka Anda juga akan punya kesempatan sangat besar untuk melahirkan bayi kembar nantinya.

Faktor Bentuk Badan

Kehamilan kembar pada umumnya akan lebih sering terjadi pada wanita yang punya perawakan besar dibandingkan pada wanita yang punya perawakan kecil. Karena itu mungkin Anda yang punya perawakan besar sangat beruntung karena kemungkinan mengandung anak kembar semakin besar peluangnya.

Tes Penting Agar Bisa Hamil Anak Kembar

Bagi Anda yang ingin hamil anak kembar terus berjuang untuk mendapatkannya. Bagi Anda yang sedang mengandung janin kembar, maka selamat karena sebentar lagi cita-cita Anda akan terwujud.

Baa juga: Ingin Tahu Cara Hamil Anak Kembar?

Bagi Anda yang sedang melakukan persiapan kehamilan anak kembar, ada baiknya Anda lakukan beberapa tes yang sangat penting menunjang kelangsungan perjuangan Anda. Apa saja tes yang sangat penting dilakukan selama dan sebelum mengandung anak kembar?

Pengecekan Urin

Pengecekan urin juga akan sangat penting dilakukan untuk dapat mengetahui kelainan seperti diabetes gestational yang mungkin dialami dan harus diatasi, kondisi pre eklampsia atau infeksi pada saluran urin dan berbagai macam kelainan di waktu kehamilan yang lainnya.

Dalam melakukan pengecekan ini tekanan darah Anda juga akan dicek karena kelainan seperti pre eklampsia juga disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Tes Darah

Bagi Anda yang ingin hamil anak kembar, ada juga baiknya untuk Anda melakukan tes darah di minggu ke 20, minggu ke 24 dan minggu ke 28 dalam kehamilan Anda. Hal ini juga karena kehamilan kembar akan beresiko mengalami anemia.

Baca juga: Cara Agar Cepat Hamil

Tes darah ini juga dapat dilakukan untuk tahu kelainan genetik didalam kandungan Anda. Misalkan untuk bisa tahu gejala sindrom down yang dialami janin didalam rahim Anda.

Scan NT (Nuchal Translucency Scan)

Selain tes darah, nantinya dokter juga akan menyarankan ibu yang sedang hamil bayi  kembar untuk melakukan scan NT atau nuchal translucency scan untuk bisa tahu kelainan kehamilan lainnya. NT scan ini biasanya juga dilakukan ketika kandungan menginjak di minggu ke 11 dan sampai ke 13.

Demikian sedikit informasi tentang hamil anak kembar dan faktor pengaruh beserta tes penting rekomendasi Moms.co.id. Semoga bermanfaat dan Anda yang ingin memiliki anak kembar segera persiapkan semuanya dan kalau perlu konsultasikan ke dokter.

Tagged in: