Benarkah ambeien pada ibu hamil bisa memberikan dampak yang berbahaya? Hamil memang suatu momen yang sangat menyenangkan lagi melegakan. Utamanya bagi ibu hamil yang baru pertama kali pastinya akan ada rasa bangga, senang, antusias dan juga sangat penasaran dengan kondisi kehamilan yang sedang dijalani.

Hanya saja terkadang di tengah rasa antusiasme ibu hamil, ketika kehamilan sudah mulai bertambah besar ada saja kendala yang membuat kehamilan tidak semulus biasanya. Salah satu sering terjadi adalah wasir atau ambeien yang terjadi pada kehamilan.

Ambeien atau wasir memang dapat terjadi dan menimpa siapa saja. Tak hanya menimpa orang yang kebanyakan duduk bahkan ibu hamil juga berisiko terserang ambeien utamanya yang sebelum masa kehamilan dilalui memang sudah memiliki gejala ambeien pada dirinya. Atau mungkin Anda sedang mengalami ambeien bunda?

Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir ini merupakan suatu penyakit yang biasa menyerang ibu yang hamil di usia kandungan diatas 6 bulan. Akan tetapi tidak terjadi pada semua kehamilan karena ambeien atau wasir ini biasanya hanya menyerang pada ibu yang memang sebelum terjadi kehamilan sudah memiliki hemorrhoids.

Baca juga: Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi

Hemorrhoids ini merupakan penyebab terjadinya ambeien ketika hamil. Lantas apa saja bahayanya ambeien pada ibu hamil? Yuk simak saja ulasannya beirkut ini.

Risiko Saat Persalinan Normal

Bagi ibu hamil yang memang punya riwayat penyakit ambeien memang akan sangat beresiko jika memilih metode persalinan normal. Hal ini karena adanya pembuluh darah yang sudah beresiko pecah pada penyakit ambeiennya.

Karena itu kehamilan yang memang punya riwayat penyakit ambeien, cara pintas untuk mendapatkan rasa aman dalam persalinan adalah dengan operasi caesar.

Mengganggu Janin Dalam Rahim

Hal ini juga dapat terjadi karena rasa tidak nyaman akibat ambeien pada ibu hamil. Dan tentu saja ibu mengandung akan merasa sakit dengan ambeien yang dialami bahkan cenderung akan merasa lemas. Reaksi ini yang nantinya akan memberikan dampak buruk bagi janin yang ada dalam rahim.

Pendarahan Pada Ibu Hamil

Ketika ibu hamil bersiap menghadapi persalinan dan kemudian punya riwayat penyakit ambeien, memang hal ini akan dapat memicu pendarahan yang dialami oleh ibu yang mengandung. Hal ini sebenarnya terjadi ketika mengejan pada proses melahirkan.

Dan hal ini tentu juga harus dilakukan tindakan tepat menangani supaya tidak terjadi hal buruk pada ibu hamil dan janin. Operasi pemotongan wasir setelah melahirkan sangat diperlukan akan tetapi memang hal ini akan terasa sangat menyakitkan bagi ibu tersebut.

Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

Ambeien memang sangat berbahaya bagi kehamilan Anda. Karena itu Anda yang sedang hamil dan mengalami masalah ambeien tentu harus punya cara yang tepat dalam mengatasi masalah ambeien yang Anda alami saat ini. Seperti apa saja cara mengatasi ambeien pada ibu hamil yang sangat tepat dan aman?

Baca juga: Tanda-tanda Awal Kehamilan

Bagi Anda para ibu hamil dengan kondisi penyakit ini, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasinya.

Berendam dengan Air Hangat

Berdasarkan penelitian memang air hangat dipercaya dapat membantu untuk meringankan rasa nyeri dan dapat meningkatkan otot – otot yang kaku didalam tubuh. Ada juga yang menggunakan metode berendam diri dengan air hangat ketika melahirkan dan memang terbukti efektif menghilangkan rasa sakit. Anda yang sedang hamil dan akan mengatasi ambeien juga dapat menerapkan metode ini untuk mengatasinya.

Menjaga Kebersihan Area Dubur

Hal yang satu ini juga sangat penting bagi siapa saja karena kebersihan memang merupakan hal yang utama bagi kesehatan manusia. Agar tidak mengalami ambeien, jangan lupa juga Anda jaga kebersihan area dubur Anda setiap saat.

Konsumsi Sayur dan Buah Segar

Sayur dan buah juga kaya akan kandungan serat dan vitamin. Karena itu upayakan untuk Anda coba konsumsi sayur dan buah segar yang banyak mengandung serat dan vitamin karena akan sangat ampuh mengatasi ambeien pada ibu hamil.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih juga menjadi salah satu bahan yang sangat ampuh mengatasi ambeien. Coba saja untuk Anda konsumsi air putih sekitar 1 – 2 liter setiap hari untuk membantu penyembuhan ambeien Anda. Dan jangan lupa Anda imbangi dengan olahraga secara rutin.

Hindari Kebiasaan Menahan BAB

Sangat dianjurkan untuk Anda tidak pernah menahan BAB karena kebiasaan ini dapat mengakibatkan feses jadi mengeras dan juga akan berdampak tidak baik bagi ambeien Anda.

Itulah bunda Moms.co.id perihal bahayanya ambeien pada ibu hamil yang sebaiknya diantisipasi. Salah satunya adalah dengan cara mengatasinya sesegera mungkin agar supaya ambeien tidak kambuh selama hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.