Bagaimana sih cara senam hamil 9 bulan yang aman? Ada banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil itu harus istirahat saja, tidak boleh melakukan aktivitas yang berat-berat. Ibu yang sedang mengandung  tidak boleh terlalu capek dan tidak boleh stres.

Hal ini memang benar akan tetapi Anda yang diberi tahu hal tersebut jangan lantas berpikir jadi ibu hamil harus melulu diam dan tidur di rumah. Hal ini juga tidak boleh terjadi. Karena aktivitas walau ringan sangat perlu juga untuk kehamilan selanjutnya dan untuk proses persalinan.

Karena itu melakukan aktivitas rumah tangga yang ringan diimbangi dengan senam hamil yang tepat merupakan suatu langkah yang sangat penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Baca juga: Cara Mempersiapkan Kehamilan Sejak Dini

Senam hamil sendiri aman dilakukan ibu hamil dalam masing-masing trimester karena pada masing-masing trimester senam hamil punya pola sendiri. Demikian dengan kehamilan di trimester ketiga di usia 9 bulan.

Cara Senam Hamil 9 Bulan

Mungkin Anda ingin tahu bunda seperti apa saja cara senam hamil 9 bulan? Yuk cek saja informasi lengkapnya di bawah ini!

Pertama-tama Anda siapkan karpet atau matras yang punya tekstur lembut pada permukaan. Gerakan senam hamil untuk Anda yang hamil 9 bulan dapat dimulai dengan posisi duduk sila kemudian tegakkan punggung dan letakkan tangan diatas paha mirip seperti Anda melakukan meditasi. Kondisikan tubuh dan pikiran serileks mungkin dan atur nafas keluar masuk dengan teratur.

Sedangkan gerakan selama Anda senam hamil 9 bulan yang dapat Anda terapkan yaitu gerakan mirip seperti merangkak, gerakan merangkak ini dapat dengan Anda gunakan jarak 2 tangan sama dengan jarak pada kedua bahu Anda. Lalu atur agar keempat bagian tubuh punya posisi tegak lurus dengan lantai dan posisi badan upayakan sejajar dengan lantai.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Hamil Anak Kembar?

Selanjutnya Anda lakukan gerakan menundukkan kepala sampai mata mampu menengok perut dengan posisi angkat pada pinggang. Kemudian Anda kempiskan perut dan kerutkan lubang dubur dan turunkan pinggang. Kemudian angkat kepala sembari lemaskan otot panggul dan otot dinding perut. Anda ulangi gerakan ini sampai dengan 8 kali.

Dan yang ketiga adalah dalam gerakan senam hamil 9 bulan dapat dilakukan dengan melakukan gerakan seperti merangkak dengan keadaan kepala dan leher yang menghadap ke lantai kemudian dibuat bertumpu pada telapak tangan dan punggung.

Anda bisa lakukan gerakan seperti memegang kedua tangan dan rilekskan diri Anda serileks mungkin. Lakukan juga olah pernapasan karena akan sangat bermanfaat ketika persalinan nantinya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba terapkan agar kehamilan juga selalu sehat. Semoga informasi yang Moms.co.id berikan diatas tentang cara senam hamil 9 bulan bermanfaat.